Nasional

Peringati Hari Krida Pertanian Ke-49, Ini Arahan Mentan SYL

INDOPOSCO.ID – Hari Krida Pertanian yang jatuh pada 21 Juni diperingati bersama masyarakat pertanian di antaranya para petani, peternak, pegawai, dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian, sebagai bentuk hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri, serta hari Dharma Bhakti.

Memperingati Hari Krida Pertanian ke 49, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan di seluruh Indonesia melakukan upacara, sekaligus tasyakuran bersama secara daring (virtual) melalui Agricultural War Room (AWR).

“Pertanian Maju, Mandiri dan Modern, Petani Sejahtera” dipilih menjadi tema peringatan Hari Krida Pertanian ke 49. “Sebagai negara pertanian bermartabat, maka Pertanian di Indonesia harus Maju dan Mandiri dengan pemanfaatan Sumberdaya Alam (SDA) yang ada, dan pemenuhan kebutuhan masyarakat sedapat mungkin dari produksi dalam negeri,” ujar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Krida Pertanian ke 49 di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Dia menambahkan, pemanfaatan teknologi kekinian berbasis Artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), drone dan robotic menjadi bentuk unsur modernitas dalam Pertanian. “Tujuan akhirnya ya Maju Mandiri dan Modern serta bermuara pada kesejahteraan Petani,” tegasnya dalam rilis yang diterima indoposco.id.

Karena itu, Mentan SYL kembali menegaskan jika bertani dan mengurusi Pertanian bukan sekadar profesi. Karena, Pertanian menjadi upaya yang langsung memiliki pahala dengan mengurusi kebutuhan pangan bagi 273 juta jiwa masyarakat Indonesia.

“Petani itu keren, bertani itu hebat. Semakin hebat, dengan perbaiki cara bertani dengan lebih modern. Kurang apa di Indonesia? Matahari bersinar terus, sumber air ada dimana-mana,” tuturnya.

Karena itu, menurut dia, Kepala Dinas, Camat, Bupati, Gubernur hebat, jika Pertanian di wilayahnya bisa hebat. Dirinya juga mengajak kaum milenial untuk memacu Pertanian agar lebih Maju, Mandiri dan Modern daripada sebelumnya. “Sehingga, Hari Krida Pertanian ini bukan sekadar upacara, tetapi lebih kepada konsolidasi idealisme, agar kebutuhan pangan bagi Rakyat bisa terpenuhi oleh masyarakat Pertanian,” ungkapnya.

Capaian Pertanian

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button