Nasional

Beri Edukasi Ke Pengguna Jasa, Bea Cukai Gencarkan Sosialisasi Kepabeanan

INDOPOSCO.ID – Untuk memberikan informasi kepada pengguna jasa terkait kepabeanan, Bea Cukai menggelar berbagai sosialisasi di beberapa daerah diantaranya Bea Cukai di Jawa Timur I, Jambi, Pasar Baru, Belawan, dan Pasuruan.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro mengatakan bahwa sosialisasi ini membahas berbagai ketentuan di bidang kepabeanan kepada pengguna jasa hingga masyarakat luas mulai dari ketentuan impor ekspor barang, fasilitas kepabeanan, dan penipuan mengatasnamakan Bea Cukai. “Diharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman pengguna jasa dan masyarakat terkait kepabeanan, sehingga kedepannya akan memberi dampak positif bagi seluruh pihak,” ujarnya.

Bea Cukai Pasar Baru melaksanakan sosialisasi bertajuk ‘Impor Barang Bekas? Yes or No?’ via daring pada Rabu (23/06), mengingat tingginya volume importasi barang bekas yang masuk melalui Kantor Pos Pasar Baru. Sesuai dengan Permendag 48 tahun 2015 tentang Ketentuan Umum di Bidang Impor Pasal 2 Ayat 1, barang yang diimpor harus dalam keadaan baru.

“Harapannya, dengan dilakukan kegiatan ini dapat meningkatkan awareness dari masyarakat dalam membeli barang dari luar negeri dalam keadaan baru,” kata Sudiro.

Selain itu, Bea Cukai Belawan, pada Kamis (26/06), mengadakan sosialisasi pemeriksaan fisik barang yang diiktui oleh pengguna jasa via daring. Pemeriksaan fisik dapat dilakukan oleh petugas pemeriksa fisik dengan disaksikan oleh petugas dari TPS yang bertindak sebagai kuasa importir atas risiko dan biaya importir apabila dalam batas waktu yang ditentukan, importir atau PPJK yang dikuasakannya tidak menyampaikan pemberitahuan kesiapan barang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kata Sudiro, pengguna jasa dapat menambah pemahaman mengenai prosedur pemeriksaan fisik barang serta para importir khususnya jalur merah bisa lebih konsen mengenai aturan dan prosedur pemeriksaan fisik impor sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button