Nasional

Kementerian PPPA Kecam Pemerkosaan Anak oleh Oknum Polisi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengecam tindak kejahatan seksual seorang oknum polisi Halmahera Barat, Maluku Utara, yang diduga telah dilakukan kepada anak berusia 16 tahun.

Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA, Nahar, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan seharusnya seorang aparat penegak hukum menjadi pengayom bagi masyarakat, terutama perempuan dan anak yang merupakan kelompok rentan dan terlindungi.

“Pemberatan pidana terhadap pelaku yang merupakan aparatur negara harus diaplikasikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, mengingat peran sentral pelaku yang seharusnya memberikan rasa aman kepada korban. Kami juga mengapresiasi tindakan tegas yang dilakukan Polda Maluku Utara dengan menetapkan tersangka oknum tersebut dan meminta agar aparat penegak hukum dapat memberikan hukuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Nahar seperti dikutip Antara, Kamis (24/6/2021).

Nahar menambahkan jika memenuhi unsur pidana, maka pelaku dapat dikenakan Pasal 81 Perpu Nomor 1 Tahun 2016 yang telah ditetapkan menjadi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak karena tersangka adalah aparat yang menangani perlindungan anak, sehingga pidananya dapat diperberat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button