Nasional

Indonesia Harus Siap dengan Kondisi Terburuk

INDOPOSCO.ID – Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia terus naik. Di sejumlah wilayah seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah serta sejumlah wilayah di luar Jawa.

“Kenaikan kasus Covid-19 saat ini merupakan akumulasi banyak faktor,” ungkap Epidemolog Dicky Budiman dalam acara daring, Sabtu (19/6/2021).

Kondisi saat ini, menurutnya, merupakan puncak gelombang pertama di Indonesia. Penyebabnya karena penyebaran terus terjadi. Dan upaya memutus mata rantai penularan gagal dilakukan.

“Penyebaran selama ini tidak bisa kita deteksi dan tidak bisa kita cegah. Ini yang membuat situasi terjadi saat ini,” katanya.

Ia mengatakan, penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak efektif berjalan. Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan tindakan yang cepat dan efektif terkait penanganan Covid-19.

“Ini kenapa? Agar beban layanan kesehatan tidak meningkat. Kalau dibiarkan, akan banyak tenaga kesehatan (Nakes) kelelahan, kemudian sakit. Dampaknya akan banyak pasien yang tidak tertangani,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button