Nasional

Hardiknas, Pengamat: Sejak Pandemi Belajar Jarak Jauh Tak Dibenahi

INDOPOSCO.ID – Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji menegaskan, Indonesia harus melakukan segala hal untuk mengantisipasi tsunami Covid-19, seperti yang terjadi di India.

Berkaca pada kasus tersebut, menurut dia, rencana pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada Juli mendatang adalah kurang tepat. Apalagi, lanjut Indra, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) belum merekomendasikan kegiatan PTM terbatas.

“Dengan bermodalkan vaksinasi pemerintah bersikeras menerapkan PTM terbatas. Keefektifan vaksinasi ini belum dapat dikatakan berhasil, apalagi untuk melawan varian B1617 seperti yang terjadi di India,” kata Indra Charismiadji melalui gawai, Minggu (2/5/2021).

Ia menyebut, pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring merupakan cara yang paling tepat di masa pandemi Covid-19 karena sistem ini mampu menghasilkan learning gain atau berdampak positif bagi perkembangan anak.

“Ini malah pemerintah dimotori Kemendikbudristek sendiri yang menghakami belajar daring menimbulkan learning loss dan banyak dampak negatifnya,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button