Nasional

Ridwan Kamil Kenalkan Apartemen Ayam 4.0

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memperkenalkan apartemen ayam 4.0 ketika meninjau peternakan ayam potong di wilayah Desa Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Ia menyebut apartemen ayam 4.0 karena bangunan tempat peternakan ini konsepnya bertingkat, serta memanfaatkan teknologi 4.0.

Ridwan Kamil berencana konsep apartemen ayam ini diaplikasikan dalam program petani milenial, yang akan segera diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Menurut Ridwan, tempat peternakan ayam yang luasnya sekitar 40 meter persegi dengan lima tingkat ini sebagai sebuah terobosan.

“Saya melihat sebuah terobosan visi bertani atau beternak dengan teknologi 4.0,” kata Emil, sapaan karib Ridwan Kamil, Minggu (7/3/2021).

Apartemen ayam yang dikembangkan oleh peternak ayam tersebut dapat menampung sekitar lima ribu ekor ayam. Emil menjelaskan, pemberian pakan dan minum ayam di peternakan ini dapat dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi.

“Dengan pemanfaatan teknologi, kandang ayam pun bisa bersih dan tidak menimbulkan bau. Persepsi bahwa peternakan ayam itu harus satu lantai, jorok, bau, sekarang hilang oleh teknologi karena semuanya dengan 4.0,” ujarnya.

Emil menjelaskan, kotoran ayam dalam kandang ini bisa langsung ditarik menggunakan sistem motor. Kotoran ayam itu kemudian diolah dengan cara difermentasi. “Nanti kotorannya difermentasi jadi nilai ekonomi juga,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button