Nasional

Bea Cukai Musnahkan Ayam Impor Ilegal Pembawa Virus Flu Burung

INDOPOSCO.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Aceh bersinergi dengan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh melaksanakan pemusnahan barang bukti berupa ayam ilegal dari Thailand sebanyak 89 ekor ayam, pada Selasa (9/2/2021). Hal ini sebagai salah satu perwujudan misi Bea Cukai dalam melindungi masyarakat dari beredarnya barang ilegal.

Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi menjelaskan ayam-ayam tersebut dimusnahkan karena dilaporkan positif membawa virus flu burung melalui pengujian sampel sel darah ayam yang dilakukan oleh Tim Laboratorium Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh.

Pemusnahan puluhan ayam ilegal ini dilakukan dengan cara disuntik mati dan dibakar di ruang bakar instalasi karantina agar masyarakat dapat terhindar dari bahaya pandemik flu burung serta tidak terjangkiti oleh virus Avian Influenza yang dibawa dan ditularkan oleh spesies tersebut.

Safuadi mengungkapkan total nilai barang yang dimusnahkan mencapai Rp2 miliar. Dari total sebanyak 89 ekor ayam itu terdiri dari 63 kotak, masing-masing satu ekor ayam serta 13 kotak lainnya, masing-masing terdapat dua ekor ayam.

“Ayam impor ini membawa virus flu burung, sehingga bisa berdampak menularkannya ke manusia. Hal-hal seperti inilah yang harus dipahami dan diketahui oleh masyarakat, kenapa ayam-ayam ini harus dimusnahkan,” sebut Safuadi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button