Nasional

Ketika Tentara Bertukang Bangun Rumah Singgah

INDOPOSCO.ID – TNI terus menggalakkan berbagai kegiatan saat bertugas di wilayah perbatasan, selain tugas utamanya menjaga patok tanda batas negara dan menciptakan keamanan dan ketertiban. Bahkan prajurit TNI tak segan untuk bertukang.

”Pekan ini kami bersama masyarakat bergotong-royong membangun Rumah Singgah Adat,” kata Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) RI-Malaysia Batalyon 614 Raja Pandhita Mayor Inf Indar Irawan dari Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (13/2/2021).

Rumah Singgah Adat adalah rumah untuk tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Batu Majang. Rumah tersebut juga digunakan untuk kegiatan acara adat atau pertemuan-pertemuan adat, dan lain-lain kegiatan yang memerlukan ruangan lapang. ”Bisa jadi serba guna,” ujar Kepala Kampung Batu Majang Jambang.

“Sering wisatawan datang ke Batu Majang ini untuk melihat adat istiadat dan wisata hutan lindung di tempat kami ini. Dengan adanya rumah singgah sebagai tempat akomodasi ini mereka tentu dapat lebih menikmati kunjungannya,” sambung Jambang seperti dikutip Antara.

Dengan bantuan tenaga kerja dari prajurit Pamtas Yon 614 Raja Pandhita, Jambang dan warga berharap rumah tersebut akan lebih cepat selesai. ”Sudah tugas kami membantu masyarakat dan mendukung kelestarian adat istiadat di Mahakam Ulu,” kata Dansatgas Mayor Indar.

Sementara itu prajurit Satgas Pamtas Yonif 614/RJP yang bertugas di Pos Long Betaoh berkunjung ke rumah-rumah warga sambil memberikan pengobatan. ”Kebetulan ada warga yang sakit, jadi saya bersama personel Puskesmas Pembantu dan Tamtama Kesehatan Pratu Andi dan Pratu Hadi menjenguk, silaturahmi sekalian pengobatan,” kata Komandan (Danpos) Pos Long Betaoh Letnan Dua Inf Nurul Jasuli.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button