Nasional

Tol Cipali Amblas, Komisi V Desak BPJT Beri Sanksi Operator Tol

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PKS Sigit Sosiantomo mendesak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memberikan sanksi kepada operator Tol Cipali menyusul amblasnya Tol tersebut di KM 122+400.

“Sejak Selasa malam saya banyak mendapat keluhan dari warga yang menggunakan Tol Cipali yang amblas di KM 122. Selain membahayakan juga menyebabkan antrian panjang. Dan sudah seharusnya BPJT sebagai badan yang mengatur penyelenggaraan jalan tol memberikan sanksi kepada operator Tol Cipali karena ketidakmampuannya menjaga Standar Pelayanan Minimum (SPM) jalan tol,” kata Sigit dalam keterangan, Rabu (10/2/2021).

Salah satu sanksi yang bisa dikenakan pada operator Tol, menurut Sigit, dengan tidak memberikan ijin kenaikan tarif Tol berkala. Sesuai dengan UU no. 38/2004 tentang Jalan, tarif Tol dapat dinaikan setiap 2 tahun sekali. Namun kenaikan akan tetap mempertimbangkan SPM tol yang terus dievaluasi BPJT.

“Amblasnya KM 122 ini harus menjadi raport merah buat operator Cipali. Jika mereka mengajukan usulan kenaikan tarif, BPJT jangan setujui. Ini sanksi buat operator agar benar-benar menjaga SPM dan tidak merugikan pengguna jalan yang sudah membayar,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button