Nasional

Kementerian ESDM Pastikan Aspek Sosial Korban PLTP Sorik Merapi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan penanganan sosial terhadap korban yang terpapar gas H2S pada lokasi proyek Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Sorik Merapi di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, sudah tertangani dengan baik.

“Saya memastikan penanganan sosial korban pascakejadian tanggal 25 Januari 2021 lalu berjalan dengan baik,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana baru-baru ini.

Dadan, menyatakan pihaknya sudah melakukan investigasi dari segi teknis operasional. “Kami melakukan pendalaman dari investigasi terkait operasional PLTP, mengapa hal itu bisa terjadi. Itu merupakan tugas kami, tugas kepolisian dan aparat hukum nanti terkait dengan aspek lain, kami tidak ikut sampai situ,” ungkapnya.

Dadan menegaskan PT. Sorik Merapi Geothermal Power (SMGP) selaku pengelola proyek berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh proses dan rekomendasi. Salah satu rekomendasi yang diberikan oleh Pemerintah adalah dengan memprioritaskan terlebih dahulu penanganan korban dan secara pararel dilakukan investigasi agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button