Nasional

Relawan Desa Lawan Covid-19 dan Pos Jaga Diminta Aktif Kembali

INDOPOSCO.ID – Seluruh Kepala Desa diminta mengaktifkan kembali relawan desa lawan covid 19 dan pos jaga desa.

“Saya mengimbau dan mengajak seluruh kepala desa dan perangkat desa, digiatkan kembali relawan desa lawan covid 19 yang sudah terbentuk yang sempat vakum. Sekarang dihidupkan kembali, digiatkan kembali,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, saat menyapa desa-desa se-Provinsi Jambi secara virtual di Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Selanjutnya, dia juga meminta kepala desa untuk kembali mengaktifkan pos jaga desa. Ia ingin mobilitas warga desa baik pendatang maupun warga desa yang melakukan aktfitas di luar desa dapat terpantau dengan baik. “Tolong desa dijaga betul supaya penyebaran covid tidak sampai ke desa,” tegas Abdul Halim.

Selain itu, Dia juga meminta ruang isolasi desa tetap diaktifkan, untuk mengantisipasi jika terdapat Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di desa. Menurutnya, ruang isolasi desa perlu tetap diaktifkan untuk memfasilitasi ODP desa yang tidak bisa melakukan isolasi secara mandiri.

“Ruang isolasi yang mungkin sudah pernah ada, yang sudah agak nggak terpakai, tolong dibersihkan lagi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tentu kita harapkan tidak terjadi. Dan kalaupun terjadi desa kita sudah siap dalam melakukan pencegahan penyebaran covid 19 di masing-masing desa,” ujarnya.

Menurut Abdul Halim, tetap diaktifkannya relawan desa lawan Covid-19 dilakukan untuk memastikan penyebaran Covid-19 tidak sampai ke desa. Terlebih saat ini, jumlah mayarakat Indonesia yang terjangkit Covid-19 kembali meningkat.

“(Kepala desa) Jaga kesehatan, warganya diawasi untuk terus menjaga kesehatan, tetap menjaga jarak, pakai masker, hindari kerumunan, dan enantiasa mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Covid-19 ini nyata adanya,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button