Ekonomi

Tahun Ini Bea Cukai Gencarkan Program Gempur Rokok Ilegal

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai gencar menjalankan program Gempur Rokok Ilegal di berbagai daerah. Program yang sudah dijalankan sejak tahun lalu ini bertujuan meningkatkan kepatuhan para pelaku usaha di bidang cukai melalui tindakan preventif dan represif.

Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh menjalankan program Gempur Rokok Ilegal dengan menyosialisasikan pengetahuan terkait larangan jual beli rokok ilegal.

“Pemahaman ini diberikan kepada masyarakat dan pelaku usaha di bidang cukai bahwa rokok ilegal dapat merugikan negara. Diharapkan edukasi ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait rokok ilegal,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Safuadi, dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

Bea Cukai Jambi juga menyuluhkan masyarakat terkait program Gempur Rokok Ilegal. Edukasi diberikan kepada pengusaha tempat penjualan eceran, pengusaha jasa titipan, agen travel, dan pengelola terminal di Kota Jambi.

“Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait larangan peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Jambi akan secara giat memberikan edukasi secara langsung. Hal ini diharapkan juga dapat menekan peredaran rokok ilegal di pasaran,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Ardiyanto.

Bea Cukai Pekanbaru bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja mengadakan operasi pasar di empat wilayah di Riau, yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Siak.

“Kami memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang di empat wilayah tersebut terkait ciri-ciri rokok ilegal dan sanksi jika melakukan kegiatan jual beli rokok ilegal,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru, Prijo Andono.

Dari operasi pasar tersebut juga ditemukan fakta bahwa masih banyak rokok ilegal yang tersebar di wilayah Kota Pekanbaru dan sekitarnya. Selain memberikan edukasi saat operasi pasar, petugas gabungan juga berhasil mengamankan 54.500 batang rokok yang tidak dilekati pita cukai dan rokok yang dilekati pita cukai salah peruntukan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button