Nasional

Menko Luhut Dukung Percepatan Modernisasi Pertanian dengan Alsintan

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan optimistis modernisasi pertanian Indonesia bisa semakin cepat dilakukan, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi alat dan mesin pertanian (alsintan) di Indonesia.

Hal itu diungkapkannya saat berkunjung ke Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan), Rabu (27/1/2021). Di Kesempatan itu, Luhut melihat secara langsung sejumlah prototipe alsintan yang dibuat perekayasa BBP Mektan.

“Kalau kita punya lahan pertanian sekitar 7 juta hektare, setengah saja kita mainkan dengan alsintan, setidaknya dampaknya bisa sampai tiga kali lipat,” tuturnya.

Luhut menyebutkan sektor pertanian saat ini memiliki berbagai capaian positif. Padahal mayoritas petani masih menggunakan cara manual. Karena itu, Luhut menilai intervensi teknologi alsintan bisa sangat mendongrak produksi nasional.

“Hingga sekarang, bertaninya masih belum bertani modern dan hasilnya sebenarnya masih bisa ditingkatkan melalui pupuk, benih (bibit) dan alsintan,” ungkapnya.

Pertanian modern diharapkan mampu meningkatkan produktivitas nasional. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dibutuhkan penggunaan teknologi baru secara masif untuk bisa mewujudkan pertanian Indonesia yang modern.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button