Nasional

Pilkada 2020 Dinilai Capai Partisipasi Tinggi

INDOPOSCO.ID – Pilkada 2020 yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 dinilai mencapai partisipasi pemilih sangat tinggi, yakni 76,09 persen. Tentunya, kerja-kerja penyelenggara ini patut mendapatkan apresiasi.

“Saya kira angka partisipasi tersebut cukup tinggi dibandingkan negara-negara demokrasi lain yang menyelenggarakan pemilu di masa pandemi,” ujar peneliti dan pengamat politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes kepada media, Senin (25/1/2021)

Selain partisipasi mencatatkan prestasi, juga terdapat sektor lain yang cukup menggembirakan, yakni penerapan prosedur dalam pelaksanaan pilkada 2020 yang sangat baik.

“Saya kira dari sisi prosedur dan tahapan sudah cukup baik, meski ada sejumlah catatan terkait transparansi dan akuntabilitas dana kampanye, kualitas data pemilih, netralitas ASN (aparatur sipil negara), serta penegakan hukum terhadap politik uang,” sebutnya.

Selain dari CSIS, tingginya tingkat partisipasi pemilih pada pilkada 2020 tersebut juga menuai apresiasi dari sejumlah pihak, seperti Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y Kim, dalam kunjungan kehormatannya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian beberapa waktu lalu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button