Megapolitan

Pengamat: Jakarta Perkuat Hukum dan Digitalisasi setelah IKN Pindah

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik sekaligus Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mendorong agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkuat kepastian hukum dan digitalisasi agar tetap menjadi pusat ekonomi dan bisnis berskala global setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah ke Kalimantan Timur.

“Jadi kalau DKI ingin mendeklarasikan diri kota global itu dipastikan bahwa kita memiliki daya saing tinggi, dipastikan hukum memiliki kepastian,” katanya dalam bincang-bincang soal tata kelola pemerintahan di Balai Kota Jakarta, Kamis (27/1/2022), seperti dikutip Antara.

Peneliti senior di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu mendorong pembenahan domestik untuk menyongsong Jakarta menjadi kota global untuk ekonomi dan bisnis.

Baca Juga : DKI Sumbang 2.190 Kasus Baru Covid-19

Meski begitu, Siti meyakini tanpa perlu dideklarasikan pun, Jakarta sudah menjadi barometer ekonomi dan bisnis.

Tak hanya soal penegakan hukum, lanjut dia, digitalisasi perlu digenjot untuk mendukung birokrasi yang efisien, sesuai makalah yang disampaikan bertajuk“ Stabilitas sosial politik masyarakat dan profesionalitas birokrasi DKI Jakarta sebagai kota bisnis global”.

Untuk itu, ia mendukung DKI Jakarta mengoptimalkan digitalisasi di antaranya menguatkan proses bisnis pemerintahan dan pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi (IT), meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) berinteraksi dengan IT dan memastikan data dalam pengambilan keputusan dengan memanfaatkan IT.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button