Megapolitan

Kendala Teknis, Masyarakat Keluhkan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

INDOPOSCO.ID – Masyarakat mengeluhkan sistem pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Salah satu peserta BPJS Kesehatan mandiri tersebut berinisial N (43). Warga Kramatjati, Jakarta Timur tersebut harus membayar iuran ganda di bulan ini.

“Bulan September lalu saat saya membayar iuran pada 7 September 2021 melalui ATM, ada kelebihan pembayaran iuran 1 bulan untuk anak saya,” kata peserta BPJS Kesehatan mandiri dengan nomor peserta 0147xxxx796, Selasa (5/10/2021).

Saat mengetahui ada kelebihan pembayaran iuran untuk September, menurut dia, dirinya langsung menghubungi kontak center BPJS Kesehatan 1500400.

“Operator meminta maaf karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya terkait kelebihan iuran tersebut. Operator mengatakan kelebihan iuran akan diganti sebagai pembayaran iuran untuk bulan Oktober,” terangnya.

Dia terkejut, saat melakukan pembayaran iuran untuk bulan Oktober pada hari ini (5/10/2021). Sebab, kelebihan iuran bulan lalu yang dijanjikan BPJS Kesehatan tidak mengurangi jumlah iuran untuk bulan Oktober.

“Saya langsung kontak call center BPJS Kesehatan lagi. Via, operator BPJS Kesehatan mengatakan akan memberikan informasi paling lambat 5 hari kerja atas kelebihan iuran tersebut,” ungkapnya.

“Kata operator ada masalah teknis di BPJS Kesehatan. Dan kelebihan iuran akan dikembalikan (Refund),” imbuhnya

Perlu diketahui sebagai peserta BPJS Mandiri N terdaftar sebagai peserta kelas 1 dengan jumlah iuran perbulan Rp150 ribu dengan jumlah peserta 2 orang. Setiap bulan ia membayar iuran sebesar Rp450 ribu.

Namun sayang saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp (WA), Dirut BPJS Kesehatan Prof Ali Gufron Mukti tidak membalasnya. Demikian saat dihubungi melalui saluran telepon juga tidak merespon. (nas)

Back to top button