Headline

Presiden Jokowi Perintahkan Pergeseran Kebijakan Pertahanan

INDOPOSCO.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan adanya pergeseran kebijakan pertahanan Indonesia saat HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Saya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip Antara, Selasa (5/10/2021).

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu dalam Upacara Peringatan Ke-76 Hari TNI. Upacara tersebut dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Bagak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan pejabat lainnya.

“Yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan,” tambah Presiden.

Presiden Jokowi memerintahkan untuk terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir. “Beranjak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global, memegang teguh semangat kemandirian, dan penguatan industri dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni,” tegas Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengakui bahwa Indonesia masih berada di bayang-bayang pandemi Covid-19. “Bila diibaratkan sebagai perang melawan virus Covid-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut- larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental, dan semangat juang,” ungkap Presiden.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button