Megapolitan

Wajah Baru TIM Terinspirasi Lirik Lagu “Rayuan Pulau Kelapa”

INDOPOSCO.ID – Arsitek Andra Matin mengungkapkan wajah baru pada salah satu desain bangunan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) terinspirasi dari lirik lagu” Rayuan Pulau Kelapa” karya Ismail Marzuki (1914-1958).

“Bangunan ini memang cocoknya hanya di TIM. Inspirasinya dari lagu ciptaan Ismail Marzuki, ditransfer ke bentuk tinggi rendah not balok,” tutur Andra seperti dikutip Antara di Jakarta, Selasa (28/9).

Andra menuturkan salah satu bangunan baru dengan rancangan unik di TIM, yaitu Perpustakaan serta Wisma Seni atau disebut Gedung Panjang.

Berita Terkait

Andra mengatakan beberapa bait lirik lagu Rayuan Pulau Kelapa yang menjadi inspirasi terbentuk bangunan Gedung Panjang TIM, yaitu “Tanah Airku Indonesia. Negeri elok amat kucinta. Tanah tumpah darahku yang mulia, yang kupuja sepanjang masa. Tanah Airku aman dan makmur, Pulau Kelapa yang amat subur”.

Dituturkan Andra, kata-kata pada syair lagu itu menyiratkan pada simbol dan rakyat harus mencintai negara.

“(Liriknya) benar-benar terasa kalau kita harus mencintai negara kita. 3 not digabung jadi satu fasad. Fasadnya disusun secara acak,” tutur Andra.

Sebagai deskripsi, bangunan yang dikenal sebagai Gedung Panjang itu terlihat memanjang di lahan yang dulu jadi pusat kuliner di TIM.

Bagian gedung 14 lantai itu nampak berundak-undak dari kejauhan, tidak rata seperti bangunan tinggi konvensional dan juga terdapat pula elemen motif tumpal dari batik Betawi pada bangunan.

Tidak hanya sebagai estetika menurut Andra, hal itu bertujuan untuk mereduksi sinar matahari ke area perpustakaan sehingga menjadi lebih sejuk.

Fasilitas di Gedung Panjang terdiri dari Galeri Seni, Perpustakaan Umum, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Ruang Diskusi Komite Seni serta Wisma Seni.

Gedung Panjang TIM ini masuk tahap satu revitalisasi TIM yang sampai pekan ke-111 progres realisasi bangunan ini mencapai 98,20 persen.

Sedangkan, Gedung Parkir Panjang dan Masjid Amir Hamzah sudah mencapai 100 persen sehingga secara keseluruhan realisasi pembangunan revitalisasi TIM tahap satu mencapai 98,70 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button