Internasional

AS Desak Negara-Negara Arab Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Gaza

INDOPOSCO.ID – Pemerintahan Amerika Serikat pimpinan Presiden Joe Biden telah mendesak negara-negara Arab untuk mengambil bagian dalam pasukan penjaga perdamaian yang akan dikerahkan di Jalur Gaza setelah konflik berakhir.

Hal tersebut diwartakan oleh Financial Times sebagaimana dikutip Antara, pada Rabu (15/5/2024) dengan mengutip sejumlah narasumber yang mengetahui masalah tersebut.

Mesir, Uni Emirat Arab dan Maroko sedang mempertimbangkan inisiatif ini. Pemerintahan Biden tidak ingin menempatkan pasukan AS di Gaza, menurut surat kabar tersebut, dengan mengutip pejabat dari negara-negara Barat dan Arab.

Negara-negara Arab lainnya, termasuk Arab Saudi, dilaporkan menolak gagasan mengerahkan pasukan mereka karena mereka tidak ingin dianggap bersekongkol dengan Israel.

Sebelumnya pada Maret, situs berita asal AS Axios melaporkan bahwa Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant telah menyarankan pembentukan unit militer multinasional dengan pasukan Arab untuk meningkatkan hukum dan ketertiban Gaza serta memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan yang aman.

Pada 6 Mei, angkatan bersenjata Israel (IDF) melancarkan apa yang disebutnya operasi kontraterorisme di timur Rafah di perbatasan dengan Mesir, dan mengambil alih perbatasan di sisi Gaza.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button