Internasional

Dubes Rusia Nyatakan Hubungan Bilateral dengan Indonesia Berkembang Positif

INDOPOSCO.ID – Duta Besar Rusia buat Indonesia Lyudmila Vorobieva di Jakarta, Rabu mengatakan bahwa hubungan bilateral antara Rusia dan Indonesia selama satu tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang positif, di tengah berbagai tantangan yang terjadi.

Salah satu pertumbuhan positif tersebut tercermin dalam hubungan perdagangan kedua negara yang meningkat sebesar lebih dari 50 persen hingga bulan September lalu. Ia meyakini bahwa pada tahun 2023 mendatang angka tersebut diperkirakan akan lebih tinggi lagi.

Indonesia dan Rusia memiliki target untuk mencapai jumlah total perdagangan sebesar 5 miliar dolar AS. Menurut Vorobyeva, jika tren perdagangan yang meningkat antara kedua negara terus berlanjut, target tersebut dapat dicapai pada tahun 2023.

Baca Juga : Indonesia-Rusia Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

Selain itu, pada pekan lalu pihaknya juga telah memulai negosiasi dengan Indonesia terkait Kesepakatan Perdagangan Bebas Indonesia dengan Eurasian Economic Union. Langkah ini disebut sebagai indikasi perkembangan hubungan yang positif.

Di luar hubungan perdagangan, menurut Vorobyeva, pimpinan kedua negara juga telah melakukan sejumlah kontak selama tahun 2022, salah satunya yakni dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow pada bulan Juni lalu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button