Internasional

Indonesia-Rusia Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia dan Rusia diagendakan membahas peningkatan hubungan bilateral dengan kunjungan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Rusia Valentina Ivanovna Matvienko ke Jakarta pada 6 Oktober 2022, kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin.

“Pertemuan tersebut sangat penting untuk membahas berbagai isu penting yang sedang terjadi di dunia, termasuk peningkatan hubungan Indonesia dengan Rusia,” kata Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia menyebutkan sejumlah isu yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain upaya perdamaian Rusia dan Ukraina, peningkatan hubungan diplomatik antarparlemen Rusia dan Indonesia, serta peningkatan kerja sama di sektor investasi, perdagangan, pendidikan, dan pariwisata.

Baca Juga : Indonesia Makin Kukuh di Jalan Batik

Bambang menegaskan sikap Indonesia tetap mengedepankan asas politik bebas aktif terkait situasi ketegangan antara Rusia dengan Ukraina.

Indonesia merupakan salah satu dari 141 negara yang mendukung resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meminta Rusia menghentikan serangannya ke Ukraina. Hal itu, lanjutnya, bukan berarti Indonesia berpihak pada Ukraina, melainkan atas dasar kemanusiaan dan menolak perang.

Walaupun mendukung resolusi, sikap Indonesia tetap mendorong adanya penegakan HAM di wilayah konflik dan penyelesaian melalui dialog dan diplomasi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button