Internasional

Ivana, Sosok Tangguh di Balik Kesuksesan Donald Trump

INDOPOSCO.ID – Ivana Trump, istri pertama mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump serta ibu Donald Jr, Ivanka, dan Eric, meninggal pada Kamis (14/7) pada usia 73 tahun, demikian diumumkan oleh Donald Trump.

Ivana adalah sosok yang ikut berjasa membantu Donald Trump membangun beberapa bangunan yang menjadi cirinya khasnya, termasuk Trump Tower.

“Saya sangat sedih untuk memberi tahu semua orang yang mencintainya, yang jumlahnya banyak, bahwa Ivana Trump telah meninggal di rumahnya di New York City,” kata Trump di platform media sosial miliknya, Truth Social, seperti dilansir Antara, Jumat (15/7).

Berita Terkait

Baca Juga : Elon Musk Berencana Buka Blokir Trump di Twitter

Pasangan itu menikah pada tahun 1977 dan bercerai pada 1992. Mereka dikaruniai tiga anak, yaitu Donald Jr., Ivanka dan Eric.

“Ivana Trump adalah seorang penyintas. Dia melarikan diri dari komunisme dan mencintai negara ini. Dia mengajari anak-anaknya tentang ketabahan dan ketangguhan, kasih sayang dan tekad,” demikian bunyi pernyataan dari pihak keluarga Trump.

Ivana lahir dan dibesarkan di bawah pemerintahan komunis di bekas Cekoslowakia sebelum pindah ke AS.

Ia dilahirkan dengan nama lengkap Ivana Marie Zelnickova pada 20 Februari 1949 di Gottwaldov, Cekoslowakia, kota tempat ia dibesarkan di dekat Praha. Gottwaldov sekarang dikenal sebagai Kota Zlin di Republik Ceko.

Dia menghabiskan sebagian besar masa mudanya sebagai anggota tim nasional olahraga ski Cekoslowakia, kemudian bertanding membela Universitas Charles di Praha, tempat dia memperoleh gelar master dalam pendidikan jasmani dan bahasa, menurut biografinya yang diunggah oleh CMG Worldwide, agen bisnis untuk selebriti yang mewakilinya.

Setelah lulus universitas, Ivana mengikuti idolanya pada saat itu –pemain ski profesional George Syrovatka– ke Kanada, dan kemudian mulai menjadi model untuk agensi Audrey Morris di Montreal, kata CMG.

Saat berkunjung sebagai model ke New York pada 1976, dia bertemu Donald Trump, kata CMG, dan mereka menikah sembilan bulan kemudian.

Ivana Trump ikut berperan dalam membangun citra media Trump pada 1980-an, ketika mereka menjadi salah satu pasangan paling tersohor di New York City.

Pada saat Donald Trump menikmati keberhasilan dengan menembus pasar real estat Manhattan yang sangat kompetitif, Ivana Trump juga mengisi peran penting dalam bisnis keluarga tidak lama setelah pernikahan mereka, New York Times melaporkan.

Dia membantu suaminya dalam mengembangkan proyek Trump Tower, gedung andalan Donald di Fifth Avenue di Manhattan, dan proyek-proyek terkenal lainnya, seperti Trump Taj Mahal Casino Resort di Atlantic City, New Jersey, kata Times.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button