Internasional

LPEI Dorong UMKM Tembus Pasar Global lewat Program CPNE

INDOPOSCO.ID – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mendorong para pelaku UMKM agar mampu menembus pasar global dengan mengekspor produk ke berbagai negara melalui Program Coaching Program for New Exporters (CPNE).

“Program CPNE disiapkan untuk UKM berorientasi ekspor yang ingin berkembang menjadi eksportir Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung,” kata Corporate Secretary LPEI Chesna F Anwar di Jakarta, Senin (11/4).

Chesna menyatakan Program CPNE ditujukan untuk melatih dan mendampingi UKM berorientasi ekspor agar mampu menghasilkan produk yang unggul dan dapat bersaing di pasar global.

Salah satu peserta program CPNE adalah Eni Anjayani yang merupakan seorang pengusaha UMKM asal Yogyakarta dengan produk berupa home decor bermotif batik kuno seperti kaleng kerupuk yang menarik perhatian pembeli dari beberapa negara seperti Eropa, Amerika Serikat, Australia, hingga Asia Tenggara.

Eni menuturkan motif batik kuno pada produk seperti tumbler dan kaleng kerupuk dapat memberi kesan dan pesona masa lalu, sekaligus tetap terdapat sentuhan modern.

Ia menjelaskan proses pembuatan karya seni ini melibatkan masyarakat sekitar seperti ibu rumah tangga sampai anak muda sehingga memberi kontribusi ekonomi sekaligus menjaga kelestarian budaya Indonesia.

Eni yang mengawali bisnisnya dengan modal Rp5 juta tersebut saat ini mampu memperkerjakan 37 orang dengan 17 di antaranya adalah pegawai in house sedangkan sisanya freelance.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button