Internasional

Kata PM Australia, Diplomasi Vaksin Stop Kehadiran China di Pasifik

INDOPOSCO.ID – Australia telah mampu menghentikan “masuknya” China ke kepulauan Pasifik melalui pembicaraan mingguan dengan para pemimpin di sana dan menawarkan bantuan vaksin. Demikian dikatakan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Minggu (13/3/2022).

Kekhawatiran akan ambisi militer Tiongkok terhadap wilayah itu setelah China mengerahkan polisi dan alat anti kerusuhan ke Pulau Solomon mendorong Menteri Amerika Serikat Antony Blinken untuk mengumumkan pada bulan lalu bahwa AS akan membuka kedutaan besar di Pulau Solomon.

Morrison mengatakan, China sudah ‘sangat jelas’ bercita-cita untuk membangun pangkalan militer di kepulauan Pasifik, tetapi itu tidak terjadi. Itu karena Australia bekerja sama dengan kawasan itu, termasuk menyediakan vaksin COVID-19 sebelum yang lain menawarkan dukungan, katanya dalam wawancara televisi dengan Nine’s Weekend Today.

“Saya berbicara dengan para pemimpin Pasifik setiap minggu dan itu lah yang memastikan bahwa kami dapat memblokade kehadiran itu ke dalam wilayah kami karena kami memiliki nilai-nilai yang sama dengan Pasifik,” tandasnya dilansir Reuters melalui Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button