Internasional

Di Tengah Isu Larangan Hijab, SMA di Karnataka India Dibuka Lagi

INDOPOSCO.ID – Sekolah-sekolah menengah atas di negara bagian Karnataka, India, kembali dibuka pada Rabu sepekan setelah ditutup oleh pemerintah, menyusul aksi protes yang menentang larangan berhijab bagi siswi Muslim.

Pengadilan tengah mengevaluasi larangan yang diberlakukan oleh otoritas Karnataka itu.

Larangan hijab menjadi isu pertikaian baru yang melibatkan kaum Muslim India, kelompok minoritas yang berjumlah sekitar 13 persen dari 1,35 miliar populasi negara yang mayoritas penduduknya beragama Hindu itu.

Pada Rabu, murid- murid berseragam hijau zaitun, sebagian di antaranya memakai hijab, berjalan bersama menuju Sekolah Senior Putri Negeri di distrik Udupi, di mana aksi-aksi protes dimulai pada bulan ini. Sejumlah polisi, pria dan wanita, tampak berjaga-jaga.

Semua murid diperbolehkan masuk sekolah, termasuk murid perempuan yang memakai hijab, meskipun Pengadilan Tinggi setempat pekan lalu memerintahkan agar sekolah melarang murid mengenakan pakaian keagamaan di kelas sampai ada putusan lebih lanjut.

Pengadilan akan menggelar sidang dengar pendapat pada Rabu.

Pejabat senior Karnataka Kurma Rao M mengatakan pembicaraan sedang berlangsung di tengah masyarakat tentang putusan pengadilan.

“Kami telah menggelar pertemuan dengan semua pemimpin agama, berbagai pemangku kepentingan tentang implementasi putusan sementara dari pengadilan,” kata dia seperti dikutip mitra Reuters, ANI, seperti dikutip Antara, Rabu (16/2/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button