Internasional

Singapura Tetap Tolak Junta Myanmar Ikut di Pertemuan Asean

INDOPOSCO.ID-Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan junta Myanmar harus tetap tidak diikutsertakan dalam pertemuan-pertemuan ASEAN, sampai junta bekerja sama menjalankan rencana perdamaian yang telah disepakati.

Lee menekan Kamboja, sebagai ketua ASEAN tahun ini, untuk melibatkan semua pihak dalam penyelesaian konflik Myanmar—kata Kementerian Luar Negeri Singapura pada Sabtu.

Pernyataan tersebut dia sampaikan ketika melakukan pembicaraan melalui video dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen pada Jumat (14/1).

Kepada Hun Sen, Lee mengatakan bahwa ASEAN harus mempertahankan letaknya untuk mengundang perwakilan nonpolitik dari Myanmar ke pertemuan-pertemuan perhimpunan negara itu dan setiap keputusan untuk mengubah sikap tersebut” harus didasarkan pada kenyataan baru”.

Pembicaraan itu berlangsung pascakunjungan kontroversial Hun Sen pekan lalu ke Myanmar. Selama kunjungan tersebut, ia berjumpa dengan kepala junta Min Aung Hlaing.

Baca Juga : AS Undang ASEAN Ikuti KTT dengan Presiden Joe Biden

Min Aung Hlaing tidak diikutsertakan dalam KTT ASEAN tahun lalu karena dinilai gagal menerapkan Konsensus 5 Poin, yang tertuju untuk mengakhiri darurat dan memungkinkan pelaksanaan perbincangan inklusif setelah militer Myanmar melakukan kudeta tahun lalu.

Lee mengatakan kepada Hun Sen bahwa setiap pendekatan dengan Myanmar perlu melibatkan “semua pihak yang berkepentingan”, termasuk partai pemimpin yang digulingkan, Aung San Suu Kyi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button