Internasional

Badai Ida di Timur Laut AS Tewaskan 50 Orang

INDOPOSCO.ID – Sedikitnya 50 orang menjadi korban dan tewas akibat Badai Ida yang melanda Timur Laut Amerika Serikat (AS), Minggu (5/9/2021). Pemimpin umat Katolik seluruh dunia Paus Fransiskus meminta mereka yang terkena dampak bencana untuk kuat dalam menghadapi badai tersebut.

Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa kepada para korban akibat Badai Ida hari Minggu di Lapangan Santo Petrus. “Semoga Tuhan menyambut jiwa-jiwa orang mati dan memberi kekuatan kepada mereka yang menderita akibat bencana ini,” kata Paus seperti dikutip Antara, Senin (6/9/2021).

Curah hujan Ida yang tinggi memecahkan rekor sebesar 3,1 inci per jam dan tercatat di Central Park Kota New York pada 1 September lalu. Badai ini menyebabkan tembok-tembok air menghantam kegiatan bisnis, sistem transportasi umum dan 1.200 rumah dan menyebabkan kerusakan yang nilainya mencapai $50 juta atau sebesar Rp713 miliar.

“Jumlah korban manusia sangat besar. Seorang wanita berusia 89 tahun menangis di pelukan saya karena dia tidak punya apa-apa lagi setelah rumah yang ditinggali lebih dari 40 tahun mengalami rusak parah,” kata Gubernur Kathy Hochul menceritakan perjalanan ke East Elmhurst di wilayah Kota Queen’s untuk menaksir kerusakan.

Gubernur New York sebelumnya juga telah menerima deklarasi bencana darurat dari Presiden Joe Biden. Gubernur New York pada Minggu menandatangani dokumen untuk meminta uang federal menutupi biaya perumahan sementara serta membangun kembali rumah para korban.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button