Internasional

Kasus Covid-19 di Afganistan Naik 2400 Persen

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 semakin tak terkendali di Afghanistan dengan peningkatan kasus 2.400 persen dalam sebulan terakhir. Rumah sakit penuh, dan sumber daya medis cepat habis. Lebih dari sepertiga tes pekan lalu menunjukkan hasil positif, menurut Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Kamis (17/6/2021).

“Afghanistan berada di titik krisis dalam pertempuran untuk melawan Covid-19 karena tempat tidur rumah sakit penuh dengan kapasitas di Ibu Kota Kabul dan di banyak daerah,” kata Penjabat Presiden Masyarakat Bulan Sabit Merah Afghanistan Nilab Mobarez seperti dikutip Antara.

Lonjakan kasus memberikan tekanan yang kuat pada Afghanistan, di mana jutaan orang sudah hidup dalam kemiskinan dan sumber daya kesehatan yang langka. Otoritas kesehatan setempat pada Kamis mencatat 2.313 kasus positif dan rekor 101 kematian akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Para pejabat dan ahli mengatakan pengujian rendah berarti angka resmi itu mungkin terlalu rendah.

Sistem kesehatan Afghanistan yang rapuh telah dirusak oleh perang selama beberapa dekade. Kekerasan meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dengan penarikan pasukan asing pimpinan Amerika Serikat pada September dan negosiasi damai antara pemerintah Afghanistan dan pemberontak Taliban sebagian besar terhenti.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button