Internasional

Tak Mampu Hadapi Serbuan TKA, KSPI Sesalkan Elite Pejabat RI

INDOPOSCO.ID – Sikap elite pejabat di Indonesia yang bungkam terhadap masuknya ratusan tenaga kerja asing (TKA) saat Lebaran menggunakan pesawat carteran mendapat sorotan tajam dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Presiden KSPI Said Iqbal menyesalkan sikap elite pejabat tersebut. Dia mengatakan, pilih kasih ini mencederai rasa keadilan buruh Indonesia yang tak bisa mudik ke kampung halaman untuk melepas rindu dengan keluarga mereka, bahkan sebagian buruh belum menerima tunjangan hari raya dan puluhan ribu lainnya telah dirumahkan akibat pandemi.

“Tenaga kerja asing kembali menerima karpet merah. Jelas, ini sangat menciderai rasa keadilan buruh Indonesia,” kata Said Iqbal dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (15/5/2021).

Dia menilai izin yang diberikan elit pejabat terhadap kehadiran tenaga kerja asing saat Lebaran menujukan sikap tidak peka, karena di saat bersamaan pemerintah melarang warganya untuk mudik ke kampung halaman.

“Hilang kegarangan para pejabat yang sepertinya hanya berlaku untuk para penyekat di perbatasan kota. Padahal buruh yang mudik tidak memakai pesawat carteran, tetapi membeli sendiri bensin motor dan makan ketika sebagian dari mereka uang THR-nya tidak dibayar penuh oleh pengusaha,” ujar Said dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button