Internasional

Vatikan Desak PBB Pastikan Distribusi Vaksin Adil

INDOPOSCO.ID – Badan amal Vatikan dan Gereja Katolik Roma mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengadakan pertemuan Dewan Keamanan (DK) guna menetapkan distribusi yang adil dari vaksin Covid-19 sebagai masalah keamanan global.

Seruan oleh dua kardinal senior Vatikan dan sekjen Caritas Internationalis (CI) mengatakan negara-negara kaya memiliki kewajiban moral untuk memastikan bahwa vaksin menjangkau orang miskin, pengungsi, dan minoritas.

“(Kami) menyerukan pertemuan Dewan Keamanan untuk membahas masalah akses ke vaksin sebagai masalah keamanan global dengan keputusan politik yang tegas berdasarkan multilateralisme,” demikian teks seruan tersebut, Jumat (5/2/2021).

“Pandemi ini adalah masalah keamanan global yang mengancam seluruh manusia. Mengatasi masalah vaksin dari perspektif strategi nasional yang sempit dapat menyebabkan kegagalan moral dalam memenuhi kebutuhan yang paling rentan di seluruh dunia.”

Seruan itu ditandatangani oleh Kardinal Luis Antonio Tagle, yang merupakan kepala cabang misi Vatikan sedunia dan juga presiden CI Kardinal Peter Turkson, kepala departemen Pengembangan Manusia Integral Vatikan, dan Sekretaris Jenderal CI Aloysius John.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button