Internasional

UE Rekomendasi Penggunaan Vaksin Oxford Astra Zeneca

INDOPOSCO.ID – Regulator Uni Eropa merekomendasikan penggunaan vaksin Corona Oxford-Astra Zeneca untuk digunakan di 27 negara, Jumat (29/1/2021). Meskipun keamanan vaksin ini belum teruji bagi orang berusia lanjut, namun lembaga ini tetap merekomendasikan vaksin ini karena banyaknya kasus Covid 19 yang terjadi dan pemerintah Eropa berada di bawah tekanan akibat wabah virus varian baru yang diidentifikasi menyebar di Inggris.

Dengan demikian vaksin Astra Zeneca menjadi vaksin ketiga yang diizinkan digunakan di Eropa. Dalam pernyataan lembaga tersebut, vaksin Astra Zeneca menunjukkan kemanjuran sekitar 60 persen dalam uji coba yang kemudian menjadi dasar keputusan tersebut.

WashingtonPost, mengabarkan pejabat Eropa semula telah menyuarakan keprihatinannya tentang terbatasnya pengetahuan mengenai keefektifan vaksin ini pada orang tua, karena pengujian vaksin ini hanya diwakili 6 persen dari peserta uji klinis lansia.

Namun Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membela Astra Zeneca dengan mengatakan bahwa BPOM Inggris menetapkan bahwa vaksin Astra Zeneca/Universitas Oxford sangat bagus dan efektif, memberikan tingkat perlindungan yang tinggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button