Headline

Menkes Pastikan Jumlah Kasus Gagal Ginjal Akut Menurun

INDOPOSCO.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan jumlah kasus gagal ginjal akut sudah menurun drastis sejak pemerintah menghentikan sementara penggunaan obat sirop bagi pengobatan anak.

“Sudah ada penurunan sangat drastis dari yang meninggal tadinya lima sampai delapan per hari, sekarang sudah nol, satu per hari. Kasusnya tadi bisa 10 sekarang sudah satu, paling banyak dua,” kata Budi seperti dikutip Antara, Rabu (2/11/2022).

Ketika ditanya mengenai tindakan hukum pada perusahaan farmasi yang memproduksi obat sirop yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG), Budi mengatakan ini menjadi wewenang Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Itu wewenang BPOM kalau obat-obatan,” kata Menkes.

Berita Terkait

Baca Juga : Menkes: Gagal Ginjal Akut di Indonesia Sudah Bisa Disembuhkan

Badan POM beberapa waktu lalu mengumumkan ada dua perusahaan farmasi yang produknya mengandung cemaran EG dan DEG melebihi ambang batas aman. Badan POM dan tim penyidik gabungan Bareskrim Polri lalu memutuskan untuk meningkatkan status penanganan kasus gagal ginjal akut dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan, setelah melakukan gelar perkara pada 31 Oktober 2022.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button