Headline

Tragedi di Korsel, Pemimpin Dunia Sampaikan Duka Cita

INDOPOSCO.ID – Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan belasungkawa atas insiden tragis yang terjadi saat perayaan Halloween di distrik Itaewon, Seoul.

Sedikitnya 24 warga negara asing dari 14 negara termasuk di antara mereka yang tewas akibat berdesakan dan terinjak-injak di tempat hiburan malam yang populer di kalangan warga Korea Selatan dan orang asing.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengumumkan masa berkabung nasional pada Minggu setelah pesta Halloween pada Sabtu malam itu menewaskan sekitar 153 orang.

Mereka yang tewas termasuk warga dari China, Iran, Rusia, Amerika Serikat, Australia, Uzbekistan, Vietnam, Kazakhstan, Austria, Sri Lanka, Thailand, Norwegia dan Prancis, demikian kantor berita Yonhap melaporkan.

Setidaknya empat warga negara China termasuk di antara mereka yang tewas, kata kantor berita Xinhua melaporkan, mengutip kedutaan besar China di Seoul.

“Atas nama pemerintah dan rakyat China, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada para korban dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka dan yang terluka,” kata Presiden China Xi Jinping dalam sebuah pernyataan, menurut Xinhua.

Xi mengatakan beberapa warga China juga terluka, dan berharap Korea Selatan “akan melakukan segala upaya untuk menyembuhkan dan menangani peristiwa tersebut.”

Sementara Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengirimkan belasungkawa mereka dengan menulis: “Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan segera semua orang yang terluka.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button