Headline

Gantikan Boris, Menlu Liz Truss Ajukan Diri Jadi PM Inggris

INDOPOSCO.ID – Menteri Inggris Elizabeth (Liz) Truss mencalonkan diri untuk menjadi perdana menteri Inggris, menggantikan Boris Johnson.

Truss, yang telah mengampu pekerjaan sebagai menteri di sejumlah departemen pemerintah termasuk perdagangan, keadilan, dan keuangan, mengatakan dia akan memangkas pajak dan mempertahankan sikap keras Inggris terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kontes untuk kursi perdana menteri Inggris sekaligus digunakan untuk kepemimpinan Partai Konservatif yang berkuasa. Tujuannya adalah untuk menemukan pengganti Johnson pada September mendatang.

“Saya akan memimpin pemerintah yang berkomitmen pada prinsip-prinsip Konservatif inti: pajak rendah, pegangan kuat pada pengeluaran, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan memberi orang kesempatan untuk mencapai apa pun yang ingin mereka capai,” kata Truss dalam video kampanye, Senin (11/7/2022).

Kompetisi untuk melaju menjadi perdana menteri dilakukan menyusul periode paling luar biasa dalam sejarah politik Inggris modern, ketika lebih dari 50 menteri pemerintah mundur karena serangkaian skandal yang menyoroti karakter dan integritas Johnson.

Keikutsertaan Truss dalam kompetisi menambah kandidat perdana menteri Inggris menjadi 11 orang, termasuk di antaranya mantan menteri keuangan Rishi Sunak, mantan menteri pertahanan Penny Mordaunt, jaksa agung Suella Braverman, ketua komite urusan luar negeri parlemen Tom Tugendhat, dan Menteri Transportasi Grant Shapps.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button