Headline

KPK Periksa Pihak Swasta di Kasus Korupsi Pengadaan Helikopter AW-101

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Irfan Kurnia Saleh (IKS) alias Jhon Irfan Kenway (JIK) dari pihak swasta yang merupakan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan helikopter angkut AgustaWestland (AW)-101 di TNI AU.

“Hari ini tim penyidik mengagendakan pemanggilan satu orang tersangka dalam perkara dimaksud atas nama IKS alias JIK,” kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri seperti dikutip Antara, Selasa (24/5/2022). Dikatakan, IKS sudah hadir di Gedung KPK dan saat ini masih diperiksa oleh tim penyidik.

Sebelumnya, KPK mengapresiasi putusan hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/3), yang menolak seluruh gugatan praperadilan yang diajukan tersangka Jhon Irfan Kenway. KPK meyakini bahwa seluruh penyidikan telah sesuai dengan mekanisme aturan hukum.

KPK juga memastikan seluruh penanganan dari tahap penyelidikan hingga penuntutan telah mematuhi aturan hukum yang berlaku.

Dalam kasus dugaan korupsi helikopter militer AW-101, modus para tersangka adalah melakukan mark up harga. Awalnya dalam anggaran TNI AU dianggarkan pengadaan Helikopter AW-101 untuk VVIP senilai Rp738 miliar, namun pengadaan itu dibatalkan atas perintah Presiden RI Joko Widodo,.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button