Headline

Jelang Iduladha, Kementan Pastikan Stok Hewan Bebas PMK

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian memastikan stok hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Iduladha 2022 tidak terganggu wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terjadi di Jawa Timur dan Aceh.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan bahwa kebutuhan hewan ternak untuk kurban biasanya hanya 10 sampai 20 persen dari total populasi yang ada.

“Untuk Iduladha kami optimistis insya Allah ini ternak tersedia. Pengalaman-pengalaman sebelumnya hanya 10-20 persen dari populasi yang dipakai,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga : Kirim 10 Sapi dan 92 Kambing ke Dapil, Ibas Sampaikan Pesan Ini

Selain itu Nasrullah juga mengatakan Kementerian Pertanian akan membuat SOP tentang prosedur mobilisasi hewan ternak dari satu wilayah ke wilayah lainnya dengan aman tanpa terinfeksi virus penyebab penyakit mulut dan kuku.

“Nanti kami akan buat SOP khusus bagaimana mobilisasi ternak dari satu wilayah ke wilayah lain tanpa terkontaminasi oleh PMK ini. Mudah-mudahan satu sampai dua minggu sebelum Iduladha kami sudah bisa punya itu sehingga masyarakat kaum Muslim bisa melaksanakan kurban dengan aman dan sehat,” kata Nasrullah seperti dikutip Antara, Rabu (11/5/2022)

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button