Headline

Sejumlah KBRI Perlu Ditugaskan Bantu Evakuasi WNI dari Ukraina

INDOPOSCO.ID – Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) di Polandia, Rumania, dan Rusia perlu ditugaskan untuk membantu upaya KBRI Kiev mengevakuasi lebih dari 150 warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina di bawah jaminan keselamatan dari negara-negara yang berkonflik, kata seorang mantan diplomat senior.

“Untuk itu, KBRI kita di Moskow perlu meminta jaminan Pemerintah Rusia untuk keselamatan WNI yang akan keluar dari Ukraina,” kata mantan Duta Besar RI untuk China Sugeng Raharjo di Jakarta, Minggu (27/2), seperti dilansir Antara.

Dalam kondisi yang semakin memburuk di Ukraina, Kementerian Luar Negeri RI pun perlu menugaskan KBRI di Kiev untuk menampung seluruh WNI untuk kemudian mengevakuasi mereka keluar dari negara tersebut, katanya.

Dalam kaitan ini, KBRI Kiev perlu menyediakan kendaraan yang akan membawa WNI dengan pengawalan diplomat hingga sampai ke Polandia dan Rumania sebagai dua negara yang berbatasan langsung dengan Ukraina, kata Sugeng.

KBRI Polandia dan KBRI Rumania harus menyelesaikan pelintasan WNI dari Ukraina ke Polandia dan Rumania tanpa kesulitan.

“Selanjutnya, mereka juga menyediakan tempat untuk WNI selama di Polandia dan Rumania sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia,” kata mantan diplomat karir yang pernah memimpin KBRI di Afrika Selatan ini.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan WNI akan dievakuasi ke Polandia maupun Rumania dengan melihat perkembangan situasi di lapangan.

“Sudah ada 82 WNI yang sudah berkumpul di KBRI Kiev sebagai titik lokasi untuk evakuasi. WNI yang ada di KBRI Kiev maupun WNI yang masih berada di luar kantor KBRI di Kiev juga dalam kondisi aman dan sehat,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button