Headline

Pengamat: Penunjukan Co-Chair G20 Jabar-Jakarta Tunjukkan Kapasitas

INDOPOSCO.ID – Pengamat Politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Karim Suryadi mengatakan penunjukan Co-Chair G20 kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuktikan kapasitas dan kompetensi keduanya menanggulangi urusan kota.

“Ini melebihi urusan popularitas, Anies sebagai kepala daerah Ibu Kota, dan RK yang berpengalaman dalam menata Kota Bandung, sekaligus memimpin provinsi yang berhimpitan dengan Jakarta diyakini memiliki pengalaman memadai dalam menyelesaikan masalah-masalah perkotaan,” tutur Karim Suryadi ketika dihubungi melalui telepon oleh wartawan di Bandung, Jumat (18/2/2022), seperti dikutip Antara.

Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta diseleksi sebagai Co-Chairs Indonesia pada Outreach Groups U20 Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Penunjukan ini membuat duet Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan kian teratur muncul di hadapan publik dan memiliki kans menjadi panggung menuju Pilpres 2024.

Baca Juga: Presidensi G20 Peluang Undang Lebih Banyak Investor

Menurut Karim, Outreach Groups U20 Presidensi G20 bukan semata-mata susunan acara resmi dan acara ini membuktikan kepercayaan pada kualitas kedua orang pemimpin tersebut.

“Terlebih latar belakang keilmuan RK sebagai arsitek dan perencanaan kota merupakan bidang yang sangat relevan untuk itu. Penampilan kedua pemimpin daerah ini juga didukung kemajuan yang diraih daerah masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu terkait kemungkinan kemesraan kedua pemimpin ini dilihat menjadi satu paket pencalonan pada Pilpres 2024, Karim menilai ada sejumlah peluang positif yang bisa dibaca dari berbagai sisi.

“Kalau keduanya maju, tidak ada yang salah. Kapasitas, pengalaman, dan penampilan keduanya bagus. Sebagai gubernur, mereka menangani urusan yang dikelola presiden meski dengan lingkup dan skala yang berbeda. Jadi, gubernur adalah tangga menuju kepresidenan yang paling masuk akal,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button