Nasional

Akademisi: G20 Momentum Transformasi Sektor Pertanian

INDOPOSCO.ID – Akademisi dari Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Ardiansyah mengatakan Presidensi G20 Indonesia 2022 perlu menjadi momentum untuk mendorong transformasi digital dalam sektor pertanian.

“Momentum pelaksanaan G20 ini perlu dimanfaatkan untuk memulai transformasi digital untuk meningkatkan sektor pertanian,” tuturnya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (18/2/2022), seperti dikutip Antara.

Dosen teknik pertanian Unsoed itu mengatakan dalam “Sherpa Track” atau jalur ulasan dalam forum G20, membahas berbagai isu di luar isu keuangan seperti seperti pertanian, ekonomi digital, pendidikan, kesehatan, perubahan iklim, perdagangan, energi, geopolitik, serta berbagai isu penting lainnya.

“Dalam jalur pembahasan Sherpa Track itu ada ekonomi digital, ada pertanian. Transformasi digital dalam sektor pertanian akan jadi salah satu penunjang ekonomi digital,” tuturnya.

Baginya, rantai pasokan produk-produk pertanian dan rencana tanam untuk mendapatkan jumlah produk yang tepat untuk kebutuhan dan ekspor perlu ditopang dengan pengelolaan data-data lapangan dalam sektor pertanian.

Baca Juga: Presidensi G20 Peluang Undang Lebih Banyak Investor

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button