Headline

Masih Ada Lulusan SMA Tidak Bisa Kuliah Terkendala Biaya

INDOPOSCO.ID – Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kemendikbudristek, Dr Abdul Kahar MPd, mengatakan sampai saat ini masih ada lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA) yang tidak dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, karena terhalang persoalan biaya.

“Biaya pendidikan menjadi satu di antara beban bagi banyak orang yang ingin melanjutkan kuliah. Namun melalui banyaknya tersedia beasiswa kuliah untuk program Strata Satu (S1) menjadi harapan untuk melanjutkan pendidikan secara formal,” tutur Abdul Kahar kepada wartawan saat bertamu ke UNRI di Pekanbaru, Kamis (20/1).

Pertemuan yang berjalan di ruang pertemuan Gedung Rektorat UNRI tersebut adalah dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Berita Terkait

Baca Juga : Ide Generasi Muda Dibutuhkan untuk Kembangkan Pasar Rakyat

Di hadapan mahasiswa UNRI penerima KIP-K, ia mengatakan jika masih ada Siswa-Siswi lulusan SMA yang punya bakat akademik tapi ragu untuk memilih perguruan tinggi yang terbaik. Apalagi jika perguruan tinggi itu berada di ibukota yang berbiaya mahal. Mereka meski punya potensi tapi membatalkan niatnya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Karenanya kini, kebijakan KIP-K telah menyesuaikan dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup mahasiswa. Di sinilah wujud kehadiran negara dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan khususnya bagi jenjang perguruan tinggi,” tuturnya.

Pemerintah, tuturnya, mendukung semua lini di mana siswa siswi jika punya bakat terbaik untuk bisa memilih perguruan tinggi terbaik di mana ingin berkuliah.

Baca Juga : Kemendikbudristek: Usai Januari 2022 Orangtua Tidak Bisa Memilih PTM Atau PJJ

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button