Headline

YLKI Minta Kendaraan di DKI Tak Pakai Premium

INDOPOSCO.IDYayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan kendaraan di DKI Jakarta sudah seharusnya tidak memakai bahan bakar minyak (BBM) jenis premium untuk mengurangi pencemaran udara di Ibu Kota.

“Kalau sekarang ada wacana hapus premium, Jakarta memang harusnya sudah tidak pakai premium, harusnya sudah pakai pertamax atau bahkan pertamax turbo dengan emisi lebih rendah,” tutur Ketua YLKI Tulus Abadi seperti dikutip Antara, Rabu (29/12/2021).

Menurut dia, tingkat pencemaran udara dapat diperparah dengan penggunaan BBM murah seperti premium karena memiliki kadar emisi gas campakkan lebih tinggi. Meski begitu, lanjut dia, untuk mengurangi pencemaran udara, solusi yang relevan adalah berpindah dari menggunakan transportasi pribadi ke angkutan publik atau angkutan massal.

Berita Terkait

Baca Juga : Pembakaran Limbah Medis Covid-19 Berpotensi Cemari Udara dan Tanah

Untuk itu, ia mendorong badan usaha bidang jasa transportasi di Jakarta di antaranya TransJakarta melakukan inovasi layanan kepada konsumen baik pra perjalanan, selama perjalanan hingga setelah perjalanan.

“Apalagi sekarang semua didorong integrasi tarif, moda, MRT, LRT jadi positif untuk menata transportasi dan konsumen harus dimanjakan berbagai pelayanan,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button