Headline

Pengamat Sebut Mustahil Partai Setuju dengan Ambang Batas Nol Persen

INDOPOSCO.ID – Pro kontra terhadap isu Presidential Threshold (PT) atau ambang batas terus bergulir. Usulan nol persen sebagai ketentuan syarat usungan dinilai baik untuk demokrasi Indonesia.

Mengingat, sejauh ini demokrasi yang telah berjalan cenderung pada transaksional. Sehingga, orang yang kuantitas secara materi dipastikan menang.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul kepada INDOPOSCO, Senin (20/12/2021).

“Pendapat saya soal ambang batas nol persen bagus. Ini fakta dari realita kemunduran demokrasi adanya. Contohnya, banyak demokrasi yang dipraktikan sebagai demokrasi politik transaksional,” katanya.

Adib menyebutkan, kapasitas kepemimpinan seseorang bukan lagi menjadi ukuran yang utama. Tetapi, kemampuan dari materi yang diperhitungkan guna memobilisasi pemilih.

“Orang yang berduit, tanpa memiliki kemampuan pasti bisa jadi. Ujungnya kita tidak bisa mendapatkan pemimpinan nasional yang memiliki kompetensi,” ungkapnya.

Adib berpendapat, sosok pemimpin yang merefresentasikan dari rakyat untuk rakyat sudah jauh. Alasannya, calon pemimpina sudah di siapkan oleh elit partai.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button