Headline

Omicron Masuk Indonesia, Pemerintah Diminta Lakukan Hal Ini

INDOPOSCO.ID – Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof. Tjandra Yoga Aditama meminta pemerintah melakukan penelusuran kontak dari kasus positif Covid-19, setelah muncul temuan virus corona varian Omicron.

“Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menelusuri dengan sangat luas tentang siapa saja yang kontak dengan kasus Omicron ini,” kata Prof. Tjandra dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Temuan varian Omicron itu juuga harus diperhatikan community transmission atau transmisi penularan tingkat komunitas atau tidak. Khususnya jika kasus yang positif memang tidak ada riwayat perjalanan ke negara terjangkit.

Baca Juga : Omicron Masuk Indonesia, Pakar Epidemiologi: Tidak Usah Panik

“Juga perlu dinilai apakah sudah terjadi “community transmission” atau tidak. Harus diidentifikasi apakah memang sudah ada “sustained transmission” atau penularan berkelanjutan atau tidak,” tutur Pengamat Kesehatan Masyarakat itu.

Pemerintah juga perlu melakukan peningkatan tes baik PCR maupun sekuens genomik, secara sistematis dan luas dan telusur pada sebagian besar kontak dari seorang kasus.

Melakukan pembatasan sosial sesuai dengan perkembangan epidemiologi yang ada. Seperti data tersedia harus akurat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button