Headline

Berkas Perkara Azis Syamsuddin Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

INDOPOSCO.ID – Berkas perkara terdakwa mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin telah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN), Jakarta Pusat.

“Jaksa KPK Yoga Pratomo telah melimpahkan berkas perkara terdakwa Azis Syamsuddin, Senin (29/11/2021) ke Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Ali mengatakan penahanan terdakwa beralih dan menjadi wewenang dari Pengadilan Tipikor.

Baca Juga : Bantahan Saksi Azis Syamsuddin Tak Pengaruhi Dakwaan Jaksa KPK

“Selanjutnya tim jaksa masih menunggu penetapan penunjukkan majelis hakim yang akan memimpin jalannya persidangan dan penetapan hari sidang dengan agenda awal pembacaan surat dakwaan oleh tim jaksa,” ujar Ali.

Ali mengatakan terdakwa didakwa dengan dakwaan, sebagai berikut: pertama : Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Tipikor Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP atau kedua : Pasal 13 UU Tipikor Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Untuk diketahui, mantan Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar, Azis Syamsuddin (AZ) secara resmi telah ditetapkan tersangka dan ditahan oleh KPK di Rutan Polres Jakarta Selatan, Sabtu (25/9/2021) dini hari lalu.

Azis Syamsuddin diduga telah menyuap mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain dengan uang senilai Rp3,1 miliar dari komitmen awal sebesar Rp4 miliar. Pemberian suap ini berkaitan dengan DAK di Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017.

Baca Juga : Saksi Serahkan Rp2 Miliar ke Orang Kepercayaan Azis Syamsuddin

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button