Headline

Buka Penerbangan Internasional Wisman Sepi, Sandiaga: Tidak Lomba Banyak-banyakan Turis

INDOPOSCO.ID – Empat hari (14/10/2021) lalu Indonesia membuka wisatawan mancanegara masuk ke tanah air. Dua destinasi yang menjadi akses masuk adalah Bali dan Kepulauan Riau. Tak kurang dari 19 negara yang diizinkan masuk, meliputi Saudi Arabia, United Arab Emirates, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar; China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria dan Norwegia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pascadibuka empat hari lalu wisatawan mancanegara ke dalam negeri masih sepi. “Masih sepi, belum ada tanda-tanda peningkatan turis asing ke Bali dan Kepri. Akan tetapi kami terus mempersiapan segala sesuatunya termasuk berkoordinasi dengan lintas organisasi dan lintas sektor,” jelas Sandiaga Uno, begitu menteri yang gemar berpantun itu akrab disapa, memberikan keterangan perkembangan dilapangan.

Lebih lanjut dia mengatakan 19 negara wisatawan asing yang diizinkan masuk ke tanah air tersebut dipilih dengan mempertimbangkan jumlah kasus dan tingkat positivitas yang rendah berdasarkan standar WHO, dan negara asal tidak melarang warga untuk bepergian. Sementara itu untuk wisata minat khusus seperti diving permintaan ke Indonesia selama ini masih tetap tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah permintaan yang ingin masuk ke Indonesia baik melalui laut (life on board), ataupun Carter flight.

“Sampai saat ini permintaan itu masih on (ada), akan tetapi masih ditahan. Karena untuk wisatawan itu masuk kategori special interest (wisata minat khusus,” jelas Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button