Headline

Skandal Pandora Papers, Begini Sikap PPATK

INDOPOSCO.ID – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bakal menganalisis, laporan skandal Pandora Papers yang bikin geger dunia. Lembaga tersebut juga siap memeriksa sejumlah nama dalam dokumen itu.

Pandora Papers merupakan bocoran dokumen finansial dari kepemilikan perusahaan cangkang yang disimpan di negara suaka pajak. Diketahui ada 330 politisi dan 130 orang kaya dari berbagai negara termuat dalam dokumen itu.

Kepala PPATK Dian Ediana Rae mengatakan, pihaknya bakal mencermati terlebih dahulu laporan tersebut, untuk disandingkan dengan database yang dimilikinya.

“Tentu seperti kasus-kasus sebelumnya, PPATK akan melakukan analisis dan pemeriksaan untuk mencermati nama-nama, yang muncul dalam dokumen-dokumen tersebut,” kata Dian saat dikonfirmasi melalui gawai, Jakarta, Rabu (6/10/2021).

PPATK sudah memiliki kerangka kerja sama tukar-menukar informasi melalui MoU dan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP) Kementerian Keuangan dan aparat penegak hukum.

“Kerja sama dengan aparat penegak hukum, dan kerja sama dengan lembaga intelejen keuangan dilebih 160 negara,” imbuh Dian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button