Headline

Dulu Taliban Bilang Gini, Eh Sekarang Bilang Gitu

INDOPOSCO.ID – Taliban, yang saat ini menjadi penguasa Afghanistan, ingkar janji soal hak asasi manusia (HAM), termasuk dengan memerintahkan perempuan tinggal di rumah, menghalangi anak- anak perempuan bersekolah. Demikian dikatakan seorang pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Senin (13/9/2021).

”Taliban juga melakukan penggeledahan dari rumah ke rumah untuk memburu orang- orang yang dulu merupakan musuhnya,” kata Komisioner Tinggi untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet.

“Berbeda dengan jaminan yang dinyatakan bahwa Taliban akan menjunjung hak- hak perempuan, selama tiga pekan terakhir ini perempuan malah semakin diabaikan dari area masyarakat,” kata Bachelet kepada Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa dilansir Reuters via Antara.

Ia juga menyatakan kekecewaan pada susunan pemerintah Taliban, yang didominasi oleh etnis Pashtun. Bachelet mencatat bahwa tidak ada ada perempuan dalam susunan itu.

Bachelet melaporkan bahwa, di beberapa daerah, anak-anak perempuan berusia di atas 12 tahun dilarang bersekolah.

Larangan itu merupakan aturan yang kembali diterapkan oleh Taliban seperti ketika kelompok itu berkuasa pada 1996-2001 sebelum dijatuhkan oleh serangan yang dipimpin Amerika Serikat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button