Headline

DPR: Tantangan Panglima TNI Baru Nanti Tidak Mudah dan Berat

INDOPOSCO.ID – Tantangan Panglima TNI baru nanti sangat berat dan tidak mudah. Di tengah upaya Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista).

Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Dave Laksono melalui gawai, Selasa (29/6/2021).

Menurut dia, beberapa waktu lalu beberapa peristiwa terjadi akibat alutsista TNI yang sudah memprihatinkan. Seperti, peristiwa tenggelamnya kapal selam, pesawat TNI jatuh dan peristiwa tabrakan kendaraan tempur (Ranpur) jenis tank.

“Ini kan menunjukkan kondisi alutsista TNI kita sudah memprihatinkan. Dan harus dilakukan modernisasi dalam waktu singkat,” terangnya.

Menurut dia, ada kendala pada program modernisasi lautsista TNI, yakni keterbatasan anggaran. Dengan kondisi tersebut, Panglima TNI baru harus berpikir secara kreatif.

“TNI itu melaksanakan tugas, bukan untuk berpikir kreatif. Jadi semua kembali kepada Menteri Keuangan (Menkeu) dan instansi lainnya. Agar bisa mendorong modernisasi alutsista TNI di tengah pandemi,” ujarnya.

Karena, dikatakan Laksono, negara akan banyak mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19. Dan ini tentu memperkecil peluang TNI untuk melakukan modernisasi alutsistanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button