Headline

Miris, Pelajar di Pinggiran Papua Baru Bisa Baca Setelah Kelas IV SD

INDOPOSCO.ID – Dunia pendidikan Indonesia tercengang. Bukan karena proses pendidikan daring atau online, namun perkembangan pelajar-pelajar di wilayah pelosok seperti Papua. Para pelajar di daerah pinggiran atau Zona 2, 3 dan 4 di Kabupaten Jayawijaya baru bisa membaca setelah berada di Kelas IV sekolah dasar (SD). Kondisi itu sangat ironis dengan pelajar di daerah perkotaan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Jayawijaya Walden Hood Sinaga mengatakan, pelajar di daerah pinggiran berbeda dengan di pusat Ibu Kota Jayawijaya yang sudah bisa membaca saat berada di Kelas I dan II SD. “Kita akui di kota relatif Kelas I dan II SD sudah mampu membaca, menulis, dan berhitung. Tetapi kalau di Zona 2,3 dan 4 itu hampir di Kelas IV baru mampu membaca dan menulis,” ujarnya di Wamena, Ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Senin (17/5/2021).

Dalam rangka meningkatkan literasi baca siswa, dinas pendidikan dan pihak sekolah melakukan pengadaan buku melalui dana operasional sekolah dan APBD. “Selalu kita dorong untuk pengadaan buku perpustakaan untuk di sekolah, mulai dari konteks keagamaan, pendidikan, matematika sampai kepada kegiatan sehari-hari, bagaimana bermain sambil produktif di kampung,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button