Headline

Drama Putri PB Terkunci di Keraton Usai. Kabarnya Ada RI 10

INDOPOSCO.ID – Drama putri Paku Buwono (PB) XII. Gusti Kanjeng Ratu Wandansari Koes Moertiyah atau biasa dipanggil Gusti Moeng yang terkunci di dalam Keraton Surakarta sejak Kamis (11/2/2021) akhirnya usai. Setelah melalui proses panjang, pada Sabtu (13/2/2021) siang, Sang Putri berhasil keluar.

Gusti Moeng mengatakan, awalnya dia masuk ke dalam kawasan keraton karena melihat ada salah satu kendaraan dinas pejabat yang datang ke keraton. ”Saya masuk itu kan jelas. Sebelumnya saya lewat di Kamandungan kok ada RI 10 (plat mobil diduga RI 10, red), saya langsung turun dan ternyata pintu terbuka, karena (tamunya, red) setingkat menteri kan, dimasukkan lewat sini,” katanya kepada wartawan di depan Kori Kamandungan yang merupakan pintu utama keraton,

Namun, bukannya bisa bertemu dengan tamu, Gusti Moeng bersama putri PB XIII, GKR Timoer Rumbai justru terkunci di dalam keraton. Ia mengaku sudah beberapa tahun terakhir dilarang masuk ke keraton oleh PB XIII, sehingga menggunakan kesempatan tersebut untuk melihat isi dalam keraton.

“Selama tiga hari dua malam tersebut saya dokumentasikan semuanya. Saya juga akan melaporkan keadaan keraton supaya nanti mempersiapkan untuk bersama-sama bekerja dengan Sinuhun (PB XIII, red) untuk menyelamatkan keraton,” kata Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta ini.

Gusti Moeng mengakui selama terkunci tersebut terus intens berkomunikasi dengan suaminya KPA Eddy Wirabumi. Sebelumnya terkait hal tersebut, Eddy mengaku telah berkomunikasi dengan pihak kepolisian. “Saya serahkan ke kepolisian. Ini nanti mudah-mudahan bisa keluar,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button